8.08.2008

Pengembangan Soft Skills ITAT Surabaya


Selama tiga hari dua malam, mulai tanggal 5 – 7 Agustus 2008, kami dipercaya oleh Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (ITATS) untuk melaksanakan program hibah pengembangan Soft Skills. Dalam kegiatan kali ini diikuti sebanyak 40 Orang terdiri dari Staf Karyawan dan Mahasiswa.

Bertempat di Aula ”Kandang Sapi” Wonosalam Training Center, Program Outbound Management Training dan Training of Trainer pengembangan soft skills, dibuka secara resmi oleh Ir. H. Soehartono, SD, kepala bidang PPSDM ITATS selaku perwakilan ITATS. Dalam sambutannya, tujuan diselenggarakannya Program ini adalah memberikan bekal kepada pesera latih untuk menguasai ”Soft Skills” sebagai bagian dari peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia.

Setelah dibuka resmi dan diserahkan kepada Tim Wonosalam Training Center, Seluruh peserta mulai mengikuti proses pelatihan yang telah disiapkan oleh Tim Wonosalam Training Center. Dengan menitik beratkan pada penguasaan Soft skills, hari pertama pelatihan kali ini, kami memberikan materi: Team Building, Knowing your self as a Leader, Leadership and Followership dan Communication.

Hari kedua adalah materi Outbound Management Training, Sejak pagi setelah senam pemanasan dan Sarapan Pagi, peserta mengikuti Materi tantangan “High Ropes” dan teamwork games. Meskipun menghadapi tiga tantangan High ropes dan tiga tantangan teamwork games, seluruh peserta tetap bersemangat dan termotivasi sampai kegiatan ini berakhir pada pukul 14.00. Setelah makan siang, dilanjutkan materi Kompetisi Tim dan ditutup dengan satu tantangan Problem Solving games.

Malam kedua sekaligus malam terakhir di Wonosalam Training Center, Peserta kami ajak untuk diskusi tentang Tim dan kerjasama Tim. Dalam diskusi ini perserta mencoba menjawab beberapa pertanyaan seperti, Apa itu TIM, apa itu kelompok? Apa beda Tim dan Kelompok, sudahkan tim Anda tim yang handal?, bagaimana tim yang handal terbentuk?. Setelah Diskusi dan sambutan dari Pembantu Rektor III, Ir. Bambang Setyono, MT, Kami menikmati coffee break dan malam kebersamaan Api Unggun.

Kamis pagi pukul 06.00 wib, 7 Agustus 2008, Setelah pelemasan sebenter kami mengadakan Hiking, Tadabur Alam, Jelajah Alam, memyusuri pematang Sawah, mendaki Bukit Pathak Banteng, menikmati suasana Desa dan yang paling asyik adalah saat kami menyusuri sungai yang airnya bening dengan bebatuan kali yang membuat pemandangan begitu indah.

Puas bermain air di sungai di lanjutkan Mandi wajib basah untuk peserta di kolam Wonosalam Training Center.

2 comments:

putra.arix DETECTIVE said...

Pak ruri di posting juga dong kesan pesannya untuk anak ITATS

om ruri said...

Ok...mas Putra.. natr tak postingkan.. testimony nya... sabar yach