7.29.2008

Yes I Can... Aku Bisa !

Haqul Yakin
Sopo sing temen tinemen
You can if you think you can


Kalimat sederhana yang mempunyai makna luar biasa. Sangat bermakna karena bisa memberikan motivasi dan semangat pantang menyerah, disaat keraguan dan pesimis datang. Bermakna luar biasa karena, Aku Bisa adalah sebuah motivasi yang seharusnya lahir dan ada dalam diri seseorang yang datangnya dari hati dan dibuktikan dalam sebuah usaha dan kerja keras.

Aku bisa tanpa diikuti dengan usaha dan kerja keras tentu saja tidak akan memberikan makna yang luar biasa. Aku bisa tidak hanya dalam pikiran, aku bisa juga tidak hanya dalam ucapan. Akan tetapi Aku bisa adalah sebuah proses mendapatkan ”sesuatu” yang harus dipikirkan, harus diucapkan dan tentunya harus dengan melakukan usaha kerja keras ditambah keyakinan dan do’a keberhasilan.

Kayakinan akan ”Aku Bisa” bukan untuk mengajarkan bahwa manusia jika punya keinginan dan berpikir bisa PASTI akan bisa. Akan tetapi, Aku bisa hanyalah sebuah kalimat motivasi diri untuk bangkit dan selalu berusaha untuk meraih apa yang diinginkan manusia. Manusia hanya bisa berusaha dan tentunya hasil akhirnya kita harus percaya dan yakin adalah kehendak Alloh. Dalam arti lain adalah setelah berusaha mencapai tujuan ”insyaalloh bisa tercapai”. Yakin adaNya Alloh ”Haqul Yakin” inilah yang mendasari dan atau menjadi landasan berpikir dengan pertimbangan hati akan kekuatan Aku Bisa. ”Alloh tidak akan merubah nasib suatu kaum kalau kaum itu tidak merubahnya”. Merubah nasib adalah usaha kerja keras dan harus dilakukan. Manusia harus berusaha sesuai dengan kemampuan dan keahliaanya

Sopo sing temen tinemen, You can if you think you can, adalah beberapa petuah bijak dan merupakan sumber motivasi dari luar yang disampaikan orang kepada kita untuk melahirkan kekuatan motivasi dan akhirnya tercipta keyakinan Aku bisa. Kalau manusia mau berusaha dan kerja keras tentu ada jalan dan akan menghasilkan, sedikit atau banyak, dan atau sukses atau belum sukses. Jika kita berpikir bisa maka kita juga akan mendapatkannya. Dengan berpikir bisa tentu harus diikuti dengan usaha dan kerja keras. Berpikir saja tanpa usaha dan kerjas keras tentu keberhasilan bukan ”sebuah keyakinan”.

Sebagai ilustrasi adalah ketika keyakinan ” aku bisa menulis buku” hadir dalam pikiran kita, tentunya akan memberikan tantangan motivasi ”apa sih susahnya menulis?” ”kayak gini aja masak gak bisa!” ”seharusnya aku bisa, tapi harus dimulai dari mana?” ”kalau mereka bisa, kenapa aku tidak?”. Beberapa pertanyaan menantang ini harus diikuti sebuah usaha dan kerja keras untuk memulai menulis. Ketika sudah menulis tentunya tantangan berikutnya akan datang dengan beberapa kemungkinan. Kemungkinan pertama adalah keraguan dalam diri sendiri, kedua hasil tulisan tidak diterima, ketiga berhasil dan tulisan kita dihargai oleh orang lain. Saat kita berhasil atau dalam kemungkinan ketiga tentu kita akan yakin ”ternyata Aku Bisa”.
Bagaimana kalau hasilnya adalah kemungkinan kedua?

Inilah saatnya kekuatan ”Aku bisa” hadir memberikan dorongan, semangat dan motivasi untuk berusaha dan berusaha lagi, mencoba dan mencoba lagi dengan kerja keras sampai keberhasilan bisa diraih. Bagaimana kalau gagal lagi?

Kita harus percaya, orang yang gagal adalah orang yang berhenti berusaha. Kalau manusia masih mau berusaha dan berusaha lagi tentu Alloh akan memberikan jalan yang terbaik untuk hambanya. Ya Alloh....Ya Rohman.... Ya Rokhim....

No comments: