7.24.2008

Buktikan Merahmu

Buktikan merahmu! Adalah sebuah penantian dan tuntutan. Sebuah penantian karena apakah Merah dengan keberaniannya berangkat sendiri mampu mewarnai Jombang untuk kembali menjadi Bupati Jombang. Sebuah tuntutan adalah setelah menjadi Bupati terpilih harus membuktikan janji yang telah didengar oleh rakyat untuk melanjutkan sebuah perubahan.

Hari ini 24 Juli 2008 aku mencari informasi hasil Pilbup Jombang, Televisi lebih banyak informasi tentang PILKADA JATIM, Koran masih sebatas informasi dari beberapa TPS, pencarian diinternet juga masih beberapa laporan TPS kecamatan. Kata orang-orang bakulan di pasar sich katanya Merah yang menang. Menghubungi salah satu tim sukses juga handphone super sibuk. Yach...sabar menunggu hasil.

Tidak seperti Pilkada, Pilbup Jombang hanya diikuti 3 pasang Calon Bupati. Pasangan Nyono-Halim dengan nomor urut 1, Pasangan Suharto-Mujib nomor urut 2 dan Pasangan Yanto-Widjono ”wis nyoTO, ayo diterusNO” dengan nomor urut 3. Karena hanya tiga pasangan dan lingkungan santri menjadikan Pilbup Jombang aman dan sukses. Saat jalan-jalan masuk kedalam lebih dekat dan memulai keberpihakan aku merasa ”Seperti api dalam sekam”, ungkapan ini terasa ketika saya merasa berada diwilayah Jombang yang terkenal dengan Kota Santrinya. Tenang dan Damai adalah sebuah kebersamaan yang jadi panutan, meskipun ada bara yang terasa panas diantara pendukung masing-masing pasangan calon.

Dalam POLI – eTIKa adalah biasa terjadi beberapa perbedaan wacana dan pendapat. Juga sangat wajar terjadi beberapa perbedaan dalam berdemokrasi. Akan tetapi kita harus belajar bagaimana menghargai perbedaan, bagaimana menyikapi beda pendapat, bagaimana mengkomunikasikan pendapat dan yang lebih penting adalah bagaimana kita ber ETIKA dalam Politik untuk memberikan pembelajaran kepada generasi bangsa. Panas, Dingin dan Warna warni adalah diciptakan oleh Tuhan agar hidup di Dunia ini terasa Indah dan nikmat.

Benarkah akhirnya merah yang menang! Atau kuning yang akhirnya berkibar?

1 comment:

UMPAL said...

salam rimba,,,,,,,,,
salam lestari,,,,,,,,
trims atas komentarnya,,,,,,,,